leaderboard

Misteri 5 Kota yang Tenggelam di Dasar Laut

Berbicara tentang kota yang tenggelam tentu erat kaitannya dengan Atlantis yang hingga kini keberadaannya masih menjadi teka-teki. Kota legendaris ini sangat terkenal yang konon merupakan daerah yang kaya raya hingga akhirnya menghilang. Banyak peneliti yang yakin bahwa kota ini tenggelam di dasar laut namun hingga kini keberadaannya masih tetap menjadi misteri.

Terlepas dari misteri kota Atlantis yang hilang, beberapa kota lain malah sudah ditemukan tenggelam di dasar laut. Beberapa dari mereka memiliki sejarah yang mengerikan mengapa kotanya sampai tenggelam. Kini kota-kota ini menjadi kota mati yang manghantui dasar laut. Berikut kota-kota dasar laut yang penuh dengan misteri.

1. LION CITY, CHINA




Mungkin tidak ada yang lebih menggemparkan dari kota yang tenggelam dibanding Lion City di China. Kota ini tenggelam di bawah air dan prosesnyapun terjadi secara sengaja bukan karena kekuatan alam seperti gempa bumi. Lion City berada di dasar danau Quiandao atau Thousand Island. Ini adalah danau buatan tahun 1950-an. Danau tersebut dibuat dengan cara menenggelamkan kota kuno yang ada di bawahnya.

Sekitar kedalaman 20-40 meter terdapat sisa-sisa kota kuno Lion City yang pernah berjaya di era Dinasti Han sekitar tahun 25-200 masehi. Kota ini berukuran 62 kali lapangan sepak bola. Penenggelaman kota kuno ini dikarenakan pemerintah China butuh membangun sebuah bendungan raksasa. Kota kuno ini masih bisa dinikmati wisatwan dengan cara melihatnya dari permukaan danau.

2. PORT ROYAL, JAMAICA



Port Royal adalah kota dasar laut berikutnya. Kota ini diselimuti cerita kehidupan maksiat zaman dahulu. Sekitar akhir abad ke-16 Port royal terkenal sebagai daerah sarang bajak laut yang berisi aneka kehidupan bebas seperti pelacuran, minuman keras serta pesta pora yang liar. Maka tak heran jika kota ini dijuluki Sin City atau Kota Para Pendosa.

Port Royal akhinya tenggelam setelah gempa bumi 7,5 skala richter menghantam kota tersebut. Akibat gempa ini dua pertiga wilayah Port Royal seperti terhisap ke dalam lautan dan merenggut 2.000 penduduknya. Banyak yang beranggapan ini adalah azab dari Tuhan untuk para bajak laut. Kini sisa-sisa kota yang tenggelam tersebut menjadi spot menyelam. Para arkeolog juga masih aktif mengekplorasi situs untuk mencari artefak bersejarah.

3. PIRAMIDA YONAGUNI, JEPUN



Terletak di ujung selatan Jepang terdapat situs megalitikum yang sangat besar bernama piramida Yonaguni. Yang mencengangkan situs ini berada di dasar laut dan berbentuk seperti piramida lengkap dengan teras-teras batu raksasa yang berbentuk persegi. Diperkirakan situs ini memiliki tinggi 76 meter.

Keberadaan situs ini masih menjadi perdebatan di kalangan ilmuan tentang apakah ini buatan manusia atau alami dibentuk oleh alam. Jika saja situs ini adalah buatan manusia, mereka mempresiksi bangunan tersebut dibuat pada 10.000 tahun sebelum masehi. Sementara para ilmuan terus berdebat, para wisatawan lebih memilih untuk menikmati keindahannya dengan cara menyelam mengitari situs ini.

4. DWARKA, TELUK KHAMBAT, INDIA



Teluk Khambat atau juga terkenal dengan nama Teluk Cambay merupakan sebuah teluk Laut Arab yang memanjang sejauh 150 kilometer dan membagi semenanjung Kathiawar dari Gujarat, India. Pada tahun 2000, National Institute of Ocean Technology (NIOT) menemukan situs kontroversial berupa sisa-sisa bangunan di dasar laut.

Para arkeolog meyakini jika itu adalah reruntuhan kuno dari kerajaan Krishna yang sebelumnya dianggap sebagai sebuah cerita mitos di India. Ada pula sebagian yang berpendapat bahwa kota itu hancur setelah melalui pertempuran dengan makhluk ruang angkasa. Yang jelas apa yang dulu dianggap sebagai sebuah mitos kini orang-orang menjadi percaya jika kerajaan Krishna benar-benar nyata.

5. KUIL CLEOPATRA, MESIR



Reruntuhan kota kuno yang tenggelam di dasar laut terakhir adalah Kuil Cleopatra. Kuil ini berada di lepas pantai Alexandria dan diyakini dahulu Cleopatra, sang ratu Mesir pernah tinggal. Kuil tersebut kini telah tenggelam di dasar laut, banyak arkeolog yang percaya bahwa gempa bumilah yang menyebabkan kota itu tenggelam.

Di sekitar situs ditemukannya kuil Cleopatra ditemukan pula kuil Isis atau dewi pelindung Cleopatra. Selain itu masih ada sekitar 140 artefak yang ditemukan di dasar laut Alexandria. Bahkan banyak yang meyakini jika di sana juga terkubur makam Cleopatra. Tahun 2009 para arkeolog mengangkat menara kuil Cleopatra dari dasar laut seberat sembilan ton.
Itulah kota-kota yang diketahui pernah eksis di permukaan bumi sebelum akhirnya tenggelam ke dasar laut akibat gempa bumi. Beberapa bangunan bahkan masih terlihat utuh sehingga menggemparkan betapa megahnya kota itu pada zaman dahulu.




0 Komentar untuk "Misteri 5 Kota yang Tenggelam di Dasar Laut"

 
Copyright © 2014-2015 Gilerrr Sembang - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info